SISTEM KEAMANAN INFORMASI KESEHATAN

SISTEM KEAMANAN INFORMASI KESEHATAN - Halo, kembali bersama kami anncoulterdoc : Informasi Tentang Kesehatan, Pada kesempatan hari ini kami akan membahas seputar SISTEM KEAMANAN INFORMASI KESEHATAN, kami telah mempersiapkan berita ini dengan benar guna anda baca dan serap informasi didalamnya. semoga seluruh isi postingan yang kami posting ini bisa anda mengerti, selamat membaca.

Judul Berita : SISTEM KEAMANAN INFORMASI KESEHATAN
good link : SISTEM KEAMANAN INFORMASI KESEHATAN

Baca juga


SISTEM KEAMANAN INFORMASI KESEHATAN



SISTEM KEAMANAN INFORMASI KESEHATAN

A.    Sistem Keamanan Informasi Berbasis Hardware
Keamanan hardware menjadi penting karena kerusakan pada hardware dapat menyebabkan kerusakan pada data dan sofware tetapi mungkin juga tidakmempengaruhi apapun, misalnya : kerusakan mouse tidak mempengaruhi data atau software, sedangkan kerusakan hard disk akan merusak data dan software 100. Hal-hal yang dapat menyebabkan kerusakan hardware adalah antara lain:
1.      Kelistrikan
Hardware komputer sangat tergantung pada listrik. Oleh karena itu ketidakstabilan listrik akan mempengaruhi kinerja dan ketahanan hardware. Komputer yang sering mati dengan tiba-tiba akibat kehilangan pasokan listrik dapat memicu kerusakan baik pada hard disk, motherboard bahkan power supply dan perangkat lainnya.
2.      Kesalahan prosedur
Penggunaan atau penempatan yang tidak sesuai aturan akan menyebabkan memperpendek masa pakai hardware. Menyalakan komputer diruang yang panas atau memaksakan komputer menyala terus-menerus dapat menimbulkan kerusakan.
3.      Bencana alam/kerusuhan.
Faktor ini adalah yang paling sulit dihindarkan karena diluar kemampuan kita. Banjir, gempa atau kerusuhan bila mencapai computer maka kerusakan parah sangat mungkin terjadi. Pencegahan yang dapat dilakukan adalah antara lain:
a.       Memasang Stavolt atau UPS (Universal Power Saving)
Dengan adanya stavolt yang berfungsi menstabilkan arus listrik atau UPS yang berfungsi untuk menyediakan daya listrik selama beberapa waktu sehingga kita dapat melakukan proses shutdown secara baik, maka kerusakan akibat listrik dapat diminimalkan. UPS ada yang dilengkapi dengan aplikasi untuk mengendalikan UPS, baik untuk melihat kapasitas bateray atau memantau kondisi UPS lewat internet.
b.      Menggunakan sesuai prosedur
Penempatan komputer yang benar, menyalakan dan mematikan, serta pemakaian sesuai fungsinya akan membuat hardware lebih awet. Selain itu penggunaan sesuai dengan prosedur khususnya yang berhubungan dengan kelistrikan akan mengurangi resiko kebakaran,misalnya mematikan komputer hingga stavolt/UPS. Ancaman-ancaman keamanan hardware pada computer standalone : ancaman :
1)       Hubungan singkat jalur rangkaian MB
2)       Kenaikan Suhu Komputer Komputer
3)       Tegangan Yang Tidak stabil stabil
4)       Kerusakan Akibat Listrik Statis S

B.     Sistem Keamanan Informasi Berbasis Software
Software yang kita miliki dapat mengalami kerusakan yang membuat kita terpaksa harus memperbaiki atau memasang ulang. Oleh karena itu software yang kita miliki perlu dijaga apalagi bila kita beli dengan harga mahal atau perlu keahlian khusus dalam proses pemasangannya (apalagi bila kita tidak tahu proses melakukannya atau vital dalam pekerjaan kita. Kerusakan software dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain :
1.      Penggunaan software bajakan
Software yang bajakan karena tidak berasal dari pembuatnya langsung maka kualitas software tersebut tidak dapat dijamin sehingga resiko kerusakan akan besar dan kita tidak dapat melakukan komplain.
2.      Kesalahan prosedur
Pemasangan/install software yang tidak benar dapat menyebakan crash/bertabrakan dengan software lain atau tidak lengkap sehingga menyebabkan software rusak.

3.      Virus
Virus selain dapat merusak data, dapat juga merusak software dan biasanya menyerang sistem operasi dan aplikasi yang berjalan di system operasi Windows. Hal-hal yang dapat dilakukan untuk meminimalkan kerusakan komputer adalah antara lain :
a.       Menggunakan software yang terpercaya baik itu yang berbayar atau open source.
b.      Memasang Antivirus.
Antivirus dapat menangkal dan memperbaiki virus yang merusak software.
c.       Backup sistem.
Sistem komputer dapat dibackup secara keseluruhan dengan menggunakan aplikasi tertentu sehingg bila terjadi kerusakan yang paling parah sekalipun dapat dikembalikan ke kondisi semula.
d.      Lakukan sesuai prosedur.
Bila tidak ada sistem backup dan software serta data dalam komputer bersifat vital, ada baiknya tidak melakukan proses pemasangan software sendiri bila tidak yakin dengan langkah-langkahnya. Pada dasarnya tidak ada software yang sempurna yang dapat mengatasi semua kesalahan pemakaian sehingga penggunaan sesuai prosedur sangat dianjurkan.










REFERENSI

http//PENGAMANAN%20HARDWARE,SOFTWARE%20DAN%20DATA%20«%20Arjana%20World.htm




Demikianlah Berita dari kami SISTEM KEAMANAN INFORMASI KESEHATAN

Sekianlah artikel SISTEM KEAMANAN INFORMASI KESEHATAN hari ini, semoga dapat memberi pengetahuan untuk anda semua. ok, sampai jumpa di artikel berikutnya. Terima Kasih

Anda saat ini sekarang membaca berita SISTEM KEAMANAN INFORMASI KESEHATAN dengan alamat link https://www.anncoulterdoc.com/2017/09/sistem-keamanan-informasi-kesehatan.html